Hidup dan nasib bisa tampak berantakan, misterius, fantastis dan sporadis, namun setiap elementnya adalah subsitem dari sebuah desain holistik yang sempurna. Menerima kehidupan berarti menerima kenyataan bahwa tak ada hal sekecil apapun terjadi karena kebetulan. itu fakta penciptaan yang tak terbantahkan. (based on Edensor by andrea hirata)

Salahkah Mengerti..??


Tanah ini mengajarkanku untuk tetap bisa menatap langit, sesulit apapun hidup yang dijalani.
Tanah ini memberiku tempaan untuk menjadi manusia seutuhnya. 
Menjadi manusia sebenarnya dan menjadi lelaki yang kuat menahan setiap benturan dari setiap sudut mata angin.


Yang ku pahami kini, banyak hal yang bias di dapat dari memahami dan mengerti. Dari  situlah, aku mencoba mempelajari, betapa jalan begitu lebar untuk ditapakii dengan mengerti sisi buruk orang lain.
Betapa tebing  terasa landai untuk didaki ketika mangalah untuk mengerti. Lalu ku tahu, betapa banyak hal yang bias ku dapat dari itu. Walaupun dari titik ini harus banyak toleransi akan idialisme terdahulu. Banyak scenario  yang tak terjalankan sesuai rencana. Dan banyak hembusanan nafas kekecewaan di kala mengecap kekecewaan.

….

Aku memahami itu sebagai satu kesatuan tak terpisahkan, dari perbagai pecahan bagian yang aku yakin suatu saat akan ku satukan sesuai  jalan keinginanku sendiri menjadi desain yang indah.

….

Pada akhirnya, suatu saat nanti..





1056 






0 Response to "Salahkah Mengerti..??"

Posting Komentar